Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan Kemiskinan

Pengertian ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang didasarkan atas fakta-fakta di mana pengujian kebenarannya diatur menurut suatu tingkah laku sistem. Pengertian pengetahuan adalah informasi yang sama dengan potensi untuk memahami dan memutuskan, kemudian mencatatnya dalam pikiran setiap orang. Pengertian ilmu pengetahuan bisa juga sebagai proses aktivitas yang menggunakan pikiran, konsep, gagasan, dan kemudian secara aktif berbagi pengetahuan.

4 hal sikap yang ilmiah

  1. Berani dan santun dalam menyampaikan pendapat
  2. Dapat membedakan fakta dan opini
  3. Bekerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah
  4. Memiliki sikap ingin tahu akan suatu hal yang positif

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.

 Ciri-ciri fenomena teknik pada masyarakat

  1. Menurut Sastrapratedja (1980) memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  2. Rasionalistas, artinya tindakan yang spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional.
  3. Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan atau tidak alamiah.
  4. Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis.
  5. Teknik berkembang pada suatu kebudayaan.
  6. Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung.
  7. Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan idiologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
  8. Otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.

 Pengertian ilmu pengetahuan,teknologi dan nilai

Ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan didasari dengan penalaran merupakan proses berfikir yang menarik kesimpulan berupa pengetahuan yang didasarkan pada hakikat usahanya, oleh karena itu untuk menemukan kebenarannya dapat dibedakan jenis-jenis ilmu tersebut. Pertama, pengetahuan bisa didapat melalui usaha manusia; kedua, pengetahuan bisa didapat dari ajaran agama tertentu.

Teknologi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi pendidikan adalah metode bersistem untuk merencanakan, menggunakan, dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan, baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif. Sedangkan menurut Kandung, (2014), teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Dalam arti sempit teknologi pendidikan adalah media pendidikan, yakni teknlogi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif, efisien dan berhasil guna. 

Nilai

Sesuatu yang bisa diartikan baik atau buruk dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang muncul berbeda antar komunitas karena budaya yang mempengaruhi mereka berbeda.

Pengertian kemiskinan

Pengertian Kemiskinan ini merupakan sebuah kondisi yang mana seseorang itu tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan dasarnya seperti misalnya tempat tinggal, pangan, sandang, kesehatan yang layak, serta juga pendidikan.

Pengertian Kemiskinan Secara kuantitatif ialah keadaan dimana taraf hidup seseorang tersebut serba kekurangan atau tidak mempunyai harta benda. Sedangkan untuk secara kualitatif, pengertian kemiskinan ini ialah keadaan hidup manusia yang tidak layak.

Ciri-ciri manusia yang hidup di bawah garis kemiskinan

  • Tidak memiliki factor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan.
  • Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan ataua modal usaha.
  • Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai taman SD.
  • Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas.
  • Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai ketrampilan.

Fungsi kemiskinan

  • Adanya kemiskinan akan memberikan jaminan bahwa jika ada pekerjaan kotor di masyarakat maka orang tersebut akan bersedia bekerja untuk itu. Selain itu, mereka juga berharap menunggu gaji rendah dalam situasi berbahaya. 
  • Orang miskin mensubsidi berbagai kegiatan ekonomi yang menguntungkan orang kaya. Misalnya, pembantu rumah tangga mengizinkan orang kaya lainnya untuk bekerja tanpa harus mengerjakan pekerjaan rumah mereka sendiri. 
  • Kemiskinan menciptakan kesempatan kerja untuk pekerjaan yang melayani masyarakat. 
  • Orang miskin bisa saja menjadi pembeli barang bekas yang sudah tidak layak pakai lagi, tapi masih layak pakai. 
  • Orang miskin mudah dicurigai sebagai penjahat. 
  • Kaum miskin memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk berperilaku bebas tak terbatas di bidang seks, narkoba dan alkohol.
  • Orang miskin memiliki fungsi budaya langsung. Bahkan, budaya mereka terkadang dimanfaatkan oleh orang kaya. Misalnya, lagu koboi yang aslinya berasal dari komunitas miskin di negara bagian selatan. 
  • Orang miskin adalah tolok ukur permanen status sosial orang kaya. 
  • Orang miskin mendapatkan keuntungan dengan menjual barang dan jasa kepada orang miskin, sehingga berkontribusi pada mobilitas kelompok sosial yang disebutkan di atas. 
  • Orang miskin mengambil bangsawan sebagai objek amal. 
  • Orang miskin selalu menjadi korban dan tidak dapat menanggung beban perubahan dan pembangunan sosial. Misalnya penggusuran rumah akibat perluasan jalan. 
  • Orang miskin menstabilkan proses politik. 
  • Peran masyarakat miskin dalam penerapan prinsip-prinsip tradisional. Sistem ekonomi yang didasarkan pada gagasan kebebasan pasar membutuhkan orang miskin.

Refrensi:

http://ilmiahh.blogspot.com/2016/05/fungsi-kemiskinan.html

https://arifsubarkah.wordpress.com/2010/01/02/fungsi-kemiskinan-dan-ciri-%E2%80%93-ciri-manusia-yang-hidup-di-bawah-garis-kemiskinan/

http://e-journal.uajy.ac.id/1756/3/2EP15294.pdf

https://journal.uniera.ac.id/pdf_repository/juniera24-qtL3pOayf4EOz3MOFlG7zRURi.pdf

https://lektur.id/arti-teknologi-pendidikan/

http://repository.usd.ac.id/7333/1/3.%20Filsafat%20Ilmu%20Pengetahuan%20%20%28B-3%29.pdf

https://paulgurusinga.wordpress.com/2016/01/24/teknologi/

https://ciptadestiara.wordpress.com/category/4-hal-sikap-yang-ilmiah/

Tinggalkan komentar